Perawatan sepatu gunung

By | June 6, 2020

 

Dalam berpetualang di alam bebas seperti di gunung. kita memerlukan sepatu yang kuat, aman dan nyaman. Ketahanan dari sepatu tidak lepas dari bagaimana merawatnya.Untuk Harga sepatu gunung tentu  bervariasi, tergantung brand & kualitasnya.

Sambil menunggu jalur pendakian gunung dibuka kembali, kamu dapat menyimpan serta merawat dulu peralatan & perlengkapan mendaki, salah satunya sepatu gunung atau sepatu trekking.Berikut ini cara merawat sepatu gunung :

1. Pakailah Alat Pembersih yang tepat

Sepatu gunung di bagian yaitu , bagian atas / upper (luar dan dalam/inner) dan bagian bawah (sol). Dua bagian ini memerlukan peralatan yang berbeda

Untuk bagian upper (luar) dapat menggunakan lap basah atau sikat lembut (sikat gigi bekas). Diusap  secara perlahan dengan sedikit ditekan. Agar tidak merusak lapisan permukaannya

Untuk bagian upper (dalam/inner) lepaskan insole sepatu terlebih dahulu, lalu gunakan sikat halus(sikat gigi bekas) yang kering / lap kering untuk membersihkan bagian dalam tersebut. Dan untuk insole sepatu bisa kamu bersihkan dengan sikat halus yang basah.

Untuk bagian bawah(midsole dan outsole), kamu gunakan sikat yang lebih keras (sikat pakaian) untuk membersihkan tanah yang menempel di sela-sela grip. Usahakan membersihkan terlebih dahulu menggunakan menggunakan lidi atau tusuk gigi pada sela-sela grip tersebut agar lebih mudah ketika menyikat.

2. Bahan Pembersih baik

Untuk bahan pembersih, yang paling aman adalah hanya air jadi siapkan baskom berisi air bersih hangat. Jangan gunakan deterjen. Sebab detergen bisa merusak lapisan waterproof sepatu dan melunturkan warna sepatu.

Tapijika nodanya sangat sulit dihilangkan kamu bias mncoba membersihkan sepatu gunung dengan mild soap atau sabun dengan pH netral (7.0), seperti sabun/shampoo bayi atau sabun cair cuci piring.

3. Cara Membersihkan yang Tepat

Pertama, lepas tali sepatu dan insole) agar seluruh bagian sepatu bisa mengering sempurna.

Sepatu jangan direndam,karena sepatu bisa rusak dan berkerut apabila direndam terlalu lama dalam air. Selain itu, lem di sol sepatu juga akan mudah lepas.

Celup sikat ke dalam baskom, kemudian kibaskan sikat untuk mengurangi jumlah air. Gunakanlah sikat yang halus (sikat gigi bekas) untuk mencuci bagian upper sepatu, agar tidak merusak jahitan dan juga lapisan anti-airnyacontohnya Gore-tex.

Bagian bawah sepatu sendiri disikat dengan sikat yang lebih kasar.

Jika lapisan waterproof pada sepatu kamu mulai hilang dan menimbulkan kebocoran, gunakan waterproofspray untuk mengembalikan sifat water resistance sepatu. Berbagai produk waterproof spray kini banyak dijual di pasaran.

4. Cara Pengeringan yang baik dan benar

Cara Pengeringan yang baik dan benar adalah dengan cara tidak terkena sinar matahari langsung. Bisa dilakukan dengan cara letakkan di bawah atap yang terkenang angi atau sepatu dibungkus Koran terus di keringin dengan kipas angin. Hal ini dilakukan untuk menghindari rusaknya material sepatu dan memudarnya warna sepatu.

5.  Perawatan Sebelum Disimpan

Bahan sepatu gunung biasanya terbuat kulit dan kanvas, serta gabungan dari keduanya. Cara perawatan sebelum peyimpanan sepatu berbahan kulit adalah dengan cara menyemir sepatu sebelum sepatu mendekati kering, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembaban agar kulit tidak kaku kering. dan mudah sobek.

Pada sepatu dengan bahan kanvas yang bersifat waterproof, semprot dengan semprotan waterproof yang bisa anda dapatkan dengan harga sekitar 80ribuan dengan kualitas standar.

6. Cara Penyimpanan

isikan gumpalan kertas ke dalam sepatu kamu untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti semula. Gunakan kertas polos atau kertas bekas.

Simpan sepatu gunung kamu tanpa tertindih benda atau sepatu lain. Usahakan sepatu disimpan di tempat yang kering (tidak lembap) dan hindari dari paparan sinar matahari langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *